India Lirik Keuangan Syariah (Bahasa Indonesia)

2012

Jul  8th

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI — Pemerintah India telah mengatakan ketertarikannya pada sistem keuangan syariah. Sistem ini terbilang baru di negara yang masyarakatnya mayoritas beragama Hindu tersebut. Pun belum satupun lembaga keuangan syariah berdiri di negara tersebut.

Sekretaris Yayasan Forum Ekonomi Islam Dunia (WIEF), Tan Sri Ahmad Fuzi Abdul Razak, mengungkapkan pemerintah India tengah mempertimbangkan secara serius kemungkinan ini. “Saya pikir mereka akan memikirkan hal ini dan menghasilkan keputusan kebijakan untuk mendirikan lembaga keuangan berbasis syariah di negara tersebut,” ungkapnya, seperti dilansir laman New Straits Time, Ahad (8/7).

India, seperti halnya negara lain yang dikunjungi oleh Yayasan WIEF masih menganggap sistem ekonomi ini sebagai sistem yang asing. Hal ini terbukti dengan belum adanya lembaga keuangan di negara tersebut yang menerapkan sistem syariah. Namun WIEF akan membantu negara-negara tersebut untuk mengembangkan ekonomi syariah di wilayahnya melalui penyediaan platform dan diskusi.

WIEF juga mengundang delegasi India untuk hadir dalam acara diskusi bertema ‘Perubahan Tren, Kesempatan Baru’ tersebut di Johor, Malaysia untuk mendapatkan berbagai ilmu dan pencerahan baru mengenai sistem baru ini.

India adalah negara non-Muslim dengan jumlah Muslim terbesar. Namun Ahmad Fuzi mengatakan pihaknya tidak ingin membatasi perbanka syariah hanya bagi umat Muslim saja. WIEF optimistis India akan menghasilkan keputusan yang memungkinkan perbankan syariah eksis di negara tersebut.

Menteri Hukum India, Salman Khurshid, mengungkapkan ide perbankan syariah ini adalah ide yang sangat baik. Hanya ia mengakui untuk bisa mengembangkan ekonomi ini agak sulit dengan regulasi yang ada, yang masih berhubungan dengan konsep utang. “Ada beberapa ambiguitas yang harus ditangani sebelum menerapkan sistem keuangan ini,” ujarnya.

Khurshid menambahkan ia telah menulis surat kepada Komisi Perencanaan Bank India (RBI) mengenai ide baik ini dan berharap mereka akan melihat hal ini seperti ia menilainya. Cepat atau lambat RBI akan mengambil keputusan final apakah perbankan syariah adalah ide yang menarik dan bisa diterapkan seperti halnya negara-negara seperti Perancis, Jerman, dan Inggris yang telah lebih dulu memakainya.


This article was published at the republika.co.id website on 8th July 2012.
Click here to view the original piece of the article.